Melorita



1. gak teliti
masa ya, gw pernah liat ada wartawan segerombol gitu udah lengkap ama fotografernya. ceritanya mereka lagi wawancarain artis, tapi fotografernya yang udah sok jepret2 itu megang kamera yang tutup lensanya belom dibuka. pernah juga ada orang jatoh, harusnya sih punggungnya yang cedera, eh kok jidatnya banyak darah ya?
2. non edukatif
masa iya ada anak kecil, ya kira kira kelas 1 lah, udah jahat2an, musuh2an sampe ngebikin musuhnya itu cacat (di film tsb musuhnya itu sampe pincang!) dan tau gak alesan mereka musuhan? mereka yang masih kelas 1 sd dan udah pasti msh ingusan itu rebutan cowok anak 1 smp. satu contoh lagi, anak SMA pasti roknya yang pendeeek banget, trs baju yang super ketat, nah yang paling annoying mereka selalu pake aksesoris yang norak banget [keterangan: bando pelangi, kalung gede2, kaos kaki tinggi tapi warna warni, anting yang panjang/gedenya gak nyantai, etc] dan gak cuma itu sih sbtlnya, kadang2 rambut mereka konyol, ada yang dikuncir miring, dikepang2, buset deh, itu kayaknya gaya gw pas TK

3. berlebihan
adegan jatoh dari tangga aja keliatannya guling guling heboh gitu, apalagi kalo ketabrak mobil, pasti keliatannya korban sampe guling2 di atas mobil, marahnya juga lebay, apalagi nangisnya, itu dia yang paling berlebihan. kadang gw mikir, mereka kok mau ya acting gitu? emang digajinya berapa sih?

4. maksa
gw paling protes ama sinetron dubbing-an. suaranya tuh kakuuu banget, kadang suka gak cocok lagi ama mukanya. trs kalo ada karakter yang jahat pasti jahat bgt. gak ada baik2nya sama sekali. kalo yg baik juga baik bgt, gak ada jelek2nya sama sekali. sinetron yang sok sok musical tapi dubbing juga gak kalah ngeselin kok, karena bukan mereka yg nyanyi trs suka ada video dance yang nggaaaa banget

5. ceritanya kemana mana
gw heran episode sinetron bisa ampe 200an lebih gitu, tapi begitu diliat ceritanya? pas awal awal dia masih mbak mbak gitu, pas udah tamat eh dia tau2 udah punya 2 anak aja. ya ampun, ngapain aja tu orang2 yg main di sinetron ya?

6. gila
kalo uda ngomong sendiri tuh kayak orang gila, belom kalo ke gap. lagian ngomongnya lebay sih, makanya ke gap orang deh. terus kalo udah ada pikiran jahat, mau itu di depan orang juga pasti yang jahat pasang muka licik sambil ketawa2 dalem hatinya atau ngegumam tanpa sadar terus kalo ada orang nanya "kenapa?" dia jawabnya cuma "gak papa"

gw rasa ciri2nya cuma itu, ya masih ada sih, tapi gw udah males lagi ngetiknya. keburu ide gw selanjutnya ilang dari otak *mumpung lagi lancar*

nah, topik gw selanjutnya adalah bukti ke-pasaran-an sinetron indonesia.
coba anda perhatikan, adegan2 ini pasti udah ngga asing lg disaksikan:

1. "anak anda..."
suatu hari, kantor polisi menelpon keluarga A. lalu,pihak kantor polisi mengatakan, "anak anda mengalami kecelakaan tabrak lari, sekarang sudah saya tangkap korbannya tp anak anda meninggal" trs yang ngangkat telpon pasti berkata, "APA?!" dan langsung menjatuhkan gagang telepon, tak lupa pingsan.

2. love at first sight
biasanya kalo sinetron alay remaja kan sering ada adegan ketabrak, trs buku2 ceweknya jatoh, dan cowonya bilang, "maaf. km gapapa kan?" terus sang cowo bantuin si cewek ngambil buku, abis itu tangannya kepegang. setelah tangannya kepegang, mereka pandang2an lamaaa bgt. pas mereka sadar mereka pandang2an, langsung buang muka terus saling minta maaf, deeeh

3. cukup!
kalo ada orang yang mau nampar, tangannya di slow-motion-in biar lama, terus ada pelerai dateng mengatakan kata "cukup!"

4. masih jauh kok udah jejeritan? hahaha, ini sudah sangat pasaran. hampir setiap sinetron ada adegan ini. ada sebuah mobil yang jalannya masih jauh, dan mau nabrak seseorang. namun, seseorang itu udah teriak teriak histeris, dan begonya bukannya kabur/lari malah diem disitu sampe akhuirnya ketabrak juga

5. pelengkap cerita sinetron
ya, yg gw maksud tak lain dan tak bukan adalah: lupa ingatan, anak kembar/kaka adek yang terpisahkan, kimpoi cerai secepat kilat, dikirain mati gak taunya masih idup, kecelakaan tragis tapi masih idup jg, anak ilang, dsb dsb gw bukan penggemar sinetron sih jadi mana tau ya ha ha ga high class

aduh, kalo seni indonesia masih gini2 aja gw prihatin deh. coba usaha gimana kek biar bisa diperbaiki lagi. bukan apa2, generasi penerus kalo dijejelinnya sinetron ntar malah gak terdidik, gak bs bedain mana baik mana buruk, jadi alay, dsb dsb

sekian terima kasih agan2 sekalian! sorry gw udah membuang2 waktu agan (yang mbaca)


Mungkin kita harus belajar dari tetangga kita yang alay yang bikin film kartun yang mendidik...

Categories:

Leave a Reply