Melorita

Norman Kamaru mencuri perhatian ketika berjoget mengikuti sebuah lagu India di pos jaga. Norman tidak hanya berhasil menghibur koleganya yang sedang sedih, tapi juga ratusan juta warga Indonesia yang rupanya menyukai sosok polisi jenaka.
Sementara itu, kegemparan muncul ketika sebuah sawah di Sleman, Yogyakarta, menampilkan pola aneh (yang menurut sebagian orang, dibikin oleh UFO). Sekumpulan mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada mengaku bertanggungjawab atas pembuatan pola tanaman ini, meski tanpa penjelasan lengkap.
Berganti-ganti, tahun 2011 menghadirkan peristiwa menarik dan unik ke hadapan kita. Ada nikah massal di Senayan, ada sindikat pengirim "SMS Mama" yang mencoba menipu Anda, ada pula sebuah klub yang menganjurkan para istri membolehkan suami poligami.
Selain berhasil menghadirkan senyum atau manyun di bibir kita, rangkaian peristiwa menarik dan unik di tahun 2011 juga membawa pesan bahwa pada akhirnya, kita semua hanyalah manusia biasa yang mudah tersentuh.
Yuk mari kita simak diantaranya:


1. Norman Kamaru

Pada sebuah hari yang panas, seorang polisi bernama Norman Kamaru sedang menghibur temannya yang mengalami masalah. Caranya menghibur? Dengan mengunggah sebuah video singkat yang menampilkan dia menirukan tarian dan nyanyian bintang film India Shahrukh Khan berjudul “Chaiya chaiya”.
Entah dari mana awalnya, klip video itu beredar luas di internet. Mereka yang menonton video ini rata-rata mengomentari kemampuan Norman dari Gorontalo menghibur dan membuat orang tergelak. Sentimen yang muncul buat Norman (dan institusi kepolisian) justru positif. Institusi kepolisian awalnya cukup aprehensif menangani viral video Norman. Ketika muncul kemungkinan bahwa Norman akan dijatuhi sanksi atas perilakunya itu, masyarakat pun menolak.
Alasannya, hukuman seharusnya diberikan pada polisi dengan pelanggaran hukum jelas, bukan pada seseorang seperti Norman yang sedang iseng menghibur. Video Norman pun mulai dibahas oleh infotainment dan tayangan berita.
Dan muncullah seorang (lagi) bintang baru dari dunia maya. Briptu Norman Kamaru lalu dibawa ke Jakarta. Ia diarak dan ‘dipamerkan’ ke berbagai kantor kepolisian, stasiun, dan acara televisi. Manggung di berbagai tempat, ia masih terus membawakan ‘tarian’ “Chaiya Chaiya”. Kemudian diketahui bahwa Norman ternyata memiliki kemampuan menyanyi. Ia pun didapuk rekaman. Masyarakat sepertinya tak bosan-bosan dengan Norman Kamaru. Ketika kembali ke Gorontalo, Norman dielu-elukan dan diarak dengan panser.
Ketika masyarakat mulai lupa akan Briptu Norman, ia muncul lagi ke permukaan. Kali ini karena Norman memilih mundur dari kesatuannya. Alasannya, ia ingin lebih bebas berkarir di dunia hiburan tanpa harus terikat akan kewajibannya pada institusi kepolisian.



2. Crop circle

Film-film Hollywood mendidik kita untuk menghubungkan crop circle, atau pola lingkaran yang muncul di perkebunan/sawah/ladang, dengan kedatangan mahluk luar angkasa. Maka ketika pola-pola lingkaran itu muncul di sebuah sawah di Sleman, Yogyakarta, pada hari Minggu, 23 Januari 2011, orang-orang pun gempar.
Benarkah mahluk luar angkasa mampir di Sleman dan meninggalkan jejak?
Seorang petani bernama Tukiman menemukan pola-pola lingkaran itu pada hari Minggu pagi. Keesokannya, polisi sudah membatasi area pola lingkaran dengan diameter 70 meter itu menggunakan pita kuning. TNI pun ikut mengirimkan helikopter untuk mengambil gambar dari udara.
Masyarakat sekitar Yogyakarta langsung berkumpul untuk melihat langsung "jejak" mahluk luar angkasa. Satu orang bahkan meninggal saat melihat pola lingkaran. Ia tergelincir ketika mendaki bukit yang licin akibat hujan demi melihat pola lingkaran.
Pola tanaman serupa juga muncul seminggu kemudian di Dusun Kumbangan, Magelang.
Peneliti Lapan kemudian menyimpulkan bahwa pola sawah itu adalah buatan manusia. Alasannya, ada padi-padi yang diinjak dan tercabut oleh para pelaku saat ‘membuat’ pola lingkaran. Mereka juga menyimpulkan bahwa pola-pola tanaman ini bisa dengan mudah dibuat menggunakan tali.
Sekumpulan mahasiswa asal Universitas Gadjah Mada mengaku bertanggungjawab atas pembuatan pola tanaman ini, tapi belum ada penjelasan lengkap.
Pada Mei 2011, muncul lagi crop circle baru yang lebih besar di Bekasi, Jawa Barat. Kali ini, belum jelas siapa yang bertanggungjawab dengan pola berdiameter 90 meter.



3. Gerhana Bulan

Secara umum, berbagai fenomena astronomi selalu menarik untuk dilihat oleh manusia, termasuk gerhana bulan. Yang menarik dari gerhana bulan pada 16 Juni 2011 lalu adalah, ini gerhana bulan terlama sepanjang sejarah.
Selama 100 menit, orang bisa melihat berbagai tahap perubahan warna gerhana bulan total tersebut. Lamanya periode gerhana ini disebabkan oleh posisi bulan dekat dengan pusat bayangan bumi.
Menurut peneliti Lapan, Thomas Djamaluddin, lama gerhana bulan bergantung pada jarak lintasan bulan terhadap pusat bayangan bumi dan jarak bulan terhadap bumi. Selain durasinya yang lama, informasi tentang gerhana bulan kali ini banyak dicari orang karena gerhana tersebut bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia tanpa terkecuali.
Sebenarnya tidak ada dampak berarti dari gerhana bulan total selain pasang laut mencapai ketinggian maksimum. Pencarian akan gerhana bulan juga dipusatkan pada lokasi dan jam paling tepat untuk melihat berbagai perubahan warna bulan, terutama saat bulan berwarna merah darah.



4. Cuti Bersama

Kebijakan pemerintah yang satu ini selalu ditanggapi abu-abu. Awalnya cuti bersama adalah cara pemerintah untuk mengurangi tingkat bolos pegawai negeri sipil.
Mereka dipaksa mengambil cuti saat ada tanggal libur yang berdekatan.
Belakangan, cuti bersama malah terkesan diada-adakan dan menjadi salah satu bukti buruknya tata kelola birokrasi di Indonesia. Contohnya adalah saat pemerintah menetapkan cuti bersama 16 Mei 2011 yang jatuh pada hari Senin. Alasannya, Selasa, 17 Mei 2011 adalah Hari Waisak.
Yang mengesalkan dari peraturan ini adalah, bahwa keputusan cuti bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi baru keluar pada Jumat jam pulang kerja.
Hal ini mencerminkan bahwa efektivitas jam kerja pelayan publik belum jadi prioritas para pelaksana negara dan mereka yang menjalankan pemerintahan.
Selain itu, mengejutkan juga melihat bagaimana keputusan soal cuti bersama bisa diambil dengan begitu singkat, sementara proses-proses administrasi negara lainnya (membuat KTP atau paspor, misalnya) tidak bisa berjalan secepat itu.



5. Sindikat SMS Mama

Polisi Indonesia akhirnya menangkap sekitar 177 orang asing yang berasal dari Taiwan dan Cina atas tuduhan penipuan lewat pesan pendek (SMS). Modus mereka adalah dengan berpura-pura menjadi ibu si penerima pesan pendek dengan nomor sementara, kemudian meminta penerima SMS untuk mengirimkan pulsa ke nomor tersebut.
Dengan adanya 220 juta nomor ponsel di Indonesia, sudah pasti modus kriminal ini meresahkan para penerima SMS.
Untuk urusan satu ini, polisi ternyata cukup cepat bertindak. Mabes Polri bekerjasama dengan Polda Metro Jaya melakukan penangkapan secara maraton di 15 tempat di Jabodetabek. Menurut polisi, mereka menindaklanjuti permintaan penangkapan dari polisi Cina dan Taiwan.
Para pelakunya ditangkap di Jalan Kana 2 No.17 Sektor III.3, Cluster Puspitaloka BSD, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Polisi tidak benar-benar mengatakan bahwa merekalah para pengirim SMS "mama minta pulsa", tapi hanya menyatakan bahwa modus para pelaku ini mirip.
Ada yang mengatasnamakan pemerintah Taiwan atau malah sampai mengaku sebagai Kapolsek baru dan meminta uang.
Meski polisi berhasil mengamankan para pelaku pengirim SMS penipuan ini, tapi pulsa para pengguna telepon seluler di Indonesia ternyata belum aman. Pulsa mereka malah terpotong oleh penyedia layanan SMS premium yang leluasa beroperasi tanpa izin dan sepengetahuan pelanggan.



6. Bahtera Nabi Nuh

Kelompok evangelis Answers in Genesis di Kentucky, Amerika Serikat berniat mendirikan replika bahtera Nabi Nuh. Sebelumnya, kelompok ini sudah pernah mendirikan Museum Penciptaan Dunia, sebuah taman hiburan dan museum yang sekaligus mengajarkan soal penciptaan semesta seperti dalam ajaran Kristiani.
Investasi untuk membangun replika ini diperkirakan mencapai $ 150 juta dan bisa menciptakan sekitar 900 pekerjaan baru. Gubernur Kentucky Steve Beshear malah sudah memperkirakan adanya pemasukan sebesar $ 214 juta dari tahun pertama saja replika bahtera Nabi Nuh ini beroperasi.
Kapal ini diperkirakan akan mengundang 1,6 juta turis ke kota Williamstown, Kentucky ini saat bahtera sudah jadi pada 2013. Rencananya, ukuran panjang kapal akan mencapai 152 meter. Kapal ini akan dibangun di atas lahan seluas 323,75 hektare.
Faktor lain yang membuat Bahtera Nabi Nuh menjadi salah satu pencarian populer pada 2011 karena ada berita yang menyebutkan sisa-sisa kapal raksasa ini ada di puncak Gunung Ararat, Turki. Setidaknya, ada formasi seukuran bahtera di puncak gunung yang terlihat lewat foto Angkatan Udara Amerika Serikat pada 1949.
Fitur itu ditafsirkan sebagai "Anomali Ararat". Tapi, Direktur Boston University Center for Remote Sensing Farouk El-Baz mengatakan, forang-orang menafsirkan citra satelit dengan pandangan bias. Apa yang dianggap bentuk bahtera sebenarnya adalah birai batu pada bayangan dilengkapi ketebalan salju serta es yang bervariasi.



7. Harga Emas

Investasi yang paling menguntungkan bagi masa depan selalu menjadi pencarian populer. Pengguna jasa perbankan dan keuangan mulai sadar bahwa tabungan dan deposito saja tidak cukup untuk menjadi bekal hari tua nanti.
Orang kini memiliki kesadaran lebih tinggi untuk berupaya mendapatkan keuntungan berlipat dari uang yang mereka tanamkan. Setelah obligasi pemerintah Indonesia (ORI) sempat dikampanyekan, untuk sementara, emas menjadi komoditas investasi yang populer.
Perencana keuangan Safir Senduk menyebut emas sebagai komoditas investasi yang bisa menangkal inflasi. Menurut dia, kenaikan nilai emas akan selalu berada di atas inflasi, sehingga keuntungan para penanam modal cenderung terjamin.
Alasan lain kenapa emas menjadi populer adalah komoditas ini dianggap aman oleh para penanam modal. Pencarian informasi akan investasi emas dan kenaikan harga emas makin banyak dilakukan di tengah ketidakpastian situasi ekonomi. Apalagi setelah rontoknya saham-saham di bursa Wall Street pada Oktober 2011 lalu.
Berita-berita akan kerontokan bursa saham tentu mempengaruhi pembaca untuk menginvestasikan harta mereka pada komoditas-komoditas yang cenderung minim risiko. Dan saat ini, emas adalah pilihan tersebut.



8. Wabah Ulat Bulu

Pada tahun 2011, berbagai wilayah di Indonesia terkena bencana berupa wabah ulat bulu. Dalam jumlah besar mereka memenuhi tanaman dan pepohonan di Probolinggo, Malang, Denpasar, Pasuruan, Jombang, Bandung, Yogyakarta, sampai Bekasi.
Ulat bulu merusak tanaman dan berpotensi menyebabkan gatal-gatal pada manusia. Langkah pembasmian menggunakan pestisida pun kemudian dilakukan. Padahal ini ternyata menimbulkan efek samping, karena dianggap sebagai langkah instan dan kurang tepat dalam jangka panjang untuk mengatasi wabah ulat bulu.
Penyebab kemunculan ulat bulu ternyata berhubungan dengan kelestarian alam. ProFauna Indonesia menyebutkan, perburuan liar yang dilakukan secara besar-besaran terhadap burung liar (sebagai komoditas perdagangan) menjadikan populasi pemakan ulat ini menurun. Alhasil, ulat-ulat tersebut bisa berkembangbiak dengan leluasa karena musuh utamanya sudah tidak ada.
Selain karena berkurangnya predator yang memakan ulat bulu, peningkatan rata-rata suhu udara juga ikut berpengaruh. Siklus hidup dan berkembangbiaknya ulat bulu menjadi lebih cepat akibat udara hangat. Ini kata pakar hama dan penyakit tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada, Suputa.
Ia juga menyebut bahwa wabah ulat bulu bukanlah kejadian pertama, tapi ini yang paling mencolok karena hamanya terlihat jelas. Sebelumnya, malah tanaman cabai se-Jawa layu menguning akibat serangan hama tanaman.



9. Nikah Massal Senayan

Sebanyak 4541 pasangan menikah secara massal pada Juli 2011 lalu di Istora Senayan, Jakarta. Mereka berasal dari kelompok agama yang berbeda, terdiri dari 3112 pasangan beragama Islam, 1248 dari Kristen Prostestan, 96 Katolik, 25 Buddha, 12 Hindu, serta 8 Konghucu.
Acara pernikahan massal bagi penduduk miskin ini diadakan oleh sebuah stasiun televisi lokal dan diklaim sebagai acara serupa dengan jumlah peserta terbesar di dunia. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pun memberikan pernyataan tertulis.
Menurut dia, "Kegiatan ini tidak hanya membantu pasangan tidak mampu untuk mendapatkan legalitas status pernikahan mereka. Namun lebih dari itu, kegiatan ini merupakan bentuk perlindungan sosial pemerintah kepada masyarakat dalam memperoleh hak sipilnya sebagai warga kota Jakarta."
Karena tingginya pungutan di berbagai proses birokrasi negeri ini, wajar jika surat-surat resmi menjadi sebuah kemewahan tersendiri bagi penduduk miskin kota. Padahal, untuk menjadi tercatat dan diakui oleh negara adalah sebuah hak.
Mereka yang berpartisipasi dalam pernikahan massal ini tidak semuanya pasangan baru. Beberapa ada yang sudah menikah, tapi belum memiliki buku nikah hanya karena itu tadi — mahalnya mengurus birokrasi standar.



10. Klub Istri Patuh

Sejak muncul di pemberitaan media, Klub Istri Patuh asal Malaysia ini selalu mengundang kehebohan akan aktivitasnya. Dalam buku panduannya, klub ini menyebutkan perempuan hanya bisa memuaskan 10 persen keinginan seksual suami. Karena itulah mereka menganjurkan agar suami melakukan hubungan badan dengan semua istrinya secara bersamaan.
Buku ini berisi panduan seks merinci dan eksplisit, serta satu bab khusus yang membahas seks sebagai sebuah ibadah. Klub ini diperkirakan berdiri sejak Juni tahun lalu dan mengklaim memiliki ribuan anggota.
Tak ayal, kemunculan buku panduan tersebut menimbulkan kemarahan berbagai kelompok perempuan. Mereka meminta Menteri Wanita, Keluarga, dan Pembangunan Komunitas Malaysia Datuk Seri Shahrizat Abdul Jalil untuk turun tangan.
Pada akhirnya, Kementerian Dalam Negeri Malaysia-lah yang melarang peredaran buku ini. Pemerintah Malaysia juga akan mendenda RM 5 ribu atau Rp 14,2 juta kepada siapa pun yang memiliki buku ini. Alasan pelarangannya? Buku ini berasal dari organisasi yang dilarang. Sehingga, buku apa pun yang muncul dari organisasi ini juga terlarang.

sumber klik disini



Categories:

Leave a Reply